Pages

SID Bank Pelapor: Penyatuan database aplikasi Sistim Informasi Debitur Bank Pelapor

Sistim Informasi Debitur (SID)
Sistem Informasi Debitur (SID) adalah sistem yang menyediakan informasi Debitur yang merupakan hasil olahan dari Laporan Debitur yang diterima oleh Bank Indonesia. Aplikasi Sistem Informasi Debitur terbagi atas 2 (dua) macam, yaitu: Aplikasi SID web dan aplikasi SID Pelapor. Aplikasi SID web adalah aplikasi yang dapat diakses oleh Bank Pelapor melalui Web site ekstranet BI. Sedangkan aplikasi SID Pelapor adalah aplikasi yang diinstall di komputer bank pelapor.

Fungsi dari aplikasi SID Pelapor adalah untuk membentuk file kirim berkaitan dengan file kirim untuk permintaan DIN dan file kirim untuk pengiriman laporan. Aplikasi SID Pelapor ini bersifat off-line (tidak berkaitan secara langsung dengan server SID Bank Indonesia).


SID Bank Pelapor: Penyatuan database aplikasi Sistim Informasi Debitur Bank Pelapor

Aplikasi SID Bank Pelapor menggunakan database MS SQL Express dengan nama database adalah sidBI.

Penyatuan Database

Masing-masing bank pelapor menggunakan aplikasi SID Bank Pelapor ini untuk membentuk file teks yang nantinya digunakan untuk pelaporan. Sering kali bank pelapor ini menggunakan aplikasi ini masih secara terpisah pada masing-masing cabang. Jadi aplikasi ini di install pada tiap-tiap komputer pada cabang bank pelapor. Sehingga seringkali terjadi masalah yaitu ketidak sesuaian data antar cabang tersebut. Karena database yang digunakan masih terpisah pada tiap cabang.

Masalah ini dapat diatasi dengan cara menyatukan database masing-masing cabang kedalam satu database. Permasalahannya tidak mudah untuk menyatukan database tersebut dalam sebuah database yang nantinya akan menampung data semua cabang pada bank pelapor yang bersangkutan.





Berawal dari sinilah penulis mencoba membuat solusi untuk mengatasi masalah ini. Pada aplikasi SID Bank Pelapor tersebut menggunakan database MS SQL Express dengan nama database sidBI. Database yang digunakan untuk penyatuan data ini contohnya akan ditampung pada sebuah database baru yang bernama sidBI2. Caranya adalah dengan melakukan restore database pada file backup database (.bak) ke dalam database baru yaitu sidBI2. Adapun cara melakukan restore tersebut bisa dilihat pada tulisan saya sebelumnya yaitu  MS SQL Server Express:  Melakukan restore file backup database ke lokasi database yang berbeda. Tulisan tersebut dapat dilihat pada alamat http://goo.gl/qlGsqH

SID Bank Pelapor: Penyatuan database aplikasi Sistim Informasi Debitur Bank Pelapor

Langkah pertama adalah melakukan restore database, misalkan dari Cabang A di restore pada database sidBI2. Kemudian lakukan restore dari file backup dari cabang berikutnya, misalkan cabang B pada database sidBI. Jadi kita mempunyai dua buah database yaitu sidBI dan sidBI2. Setelah itu lakukan pembacaan semua data dari semua table pada database sidBI dan simpan data tersebut kedalam database sidBI2. Untuk mempermudah melakukan ini penulis membuat sebuah software aplikasi yang penulis buat sendiri.

SID Bank Pelapor: Penyatuan database aplikasi Sistim Informasi Debitur Bank Pelapor

Lakukan proses restore file backup database untuk cabang berikutnya, misalkan cabang C pada database sidBI. Kemudian lakukan proses baca data pada database sidBI dan simpan kembali pada database sidBI2. Jadi semua data cabang akan terkumpul pada database sidBI2. Begitu seterusnya sampai seluruh cabang selesai.

Jalankan aplikasi SID Bank Pelapor, rubahlah Konfigurasi Data untuk menghubungkan database aplikasi SID Bank Pelapor ke dari database sidBI ke sidBI2. 




SID Bank Pelapor: Penyatuan database aplikasi Sistim Informasi Debitur Bank Pelapor






Setelah itu lakukan proses Login seperti biasa dengan menggunakan User ID dan Password Anda sebelumnya. Jika proses login sukses maka semua data yang ada didalam aplikasi tersebut adalah data hasil penyatuan semua cabang dari bank pelapor yang bersangkukan. Semoga tulisan ini dapat membantu para operator SID Bank Pelapor pada saat ingin melakukan proses penyatuan database.

Artikel ini dapat di-download disini



BI Checking 

Sistim Informasi Debitur SID

Bank Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan

Database SQL Server

Bank Sultra

STMIK Catur Sakti Kendari

Lowongan Kerja Bank

Bank Pembangunan  Daerah 


No comments:

Post a Comment