Pages

COBIT : Tata Kelola Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan faktor penting dalam mencapai keberhasilan dalam informasi ekonomi, manajemen operasional dan keuangan. Sehingga tata kelola perusahaan dan tata kelola teknologi informasi saat ini tidak dapat terpisahkan. Tata kelola perusahaan yang efektif adalah berfokus pada individu, keahlian dan pengalaman. Serta  memberikan jaminan pada masalah yang dihadapi. 


Saat ini teknologi informasi menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan tata kelola dan strategi perusahaan.  Tata kelola perusahaan dan tata kelola teknologi informasi digambarkan pada gambar 1.



Tata kelola perusahaan didorong, dikendalikan, diarahkan oleh tata kelola teknologi informasi. Begitu juga sebaliknya, tata kelola teknologi informasi juga dibutuhkan untuk memberikan dan recana strategis terhadap tata kelola perusahaan.
Perusahaan yang dikelola dengan baik akan mencapai sasaran strategis perusahaan dan operasional perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut tidak menutup kemungkinan terjadinya beberapa risiko dengan tingkat tertentu. Hasil  kegiatan perusahaan diukur dan dilaporkan pada pihak manajemen perusahaan, Manajemen teknologi informasi juga diatur oleh sekumpulan dokumentasi dari implemetasi suatu konsep/teknologi dalam melaksanakan  tata kelola yang baik untuk memastikan teknologi informasi perusahaan serta teknologi yang terkait didalamnya mendukung tujuan bisnis perusahaan, penggunaan sumber daya secara bertanggung jawab serta pengeloaan risiko yang baik. Hal ini bertujuan untuk membentuk dasar arah kegiatan teknologi informasi yaitu merencanakan, mengatur, memantau, menerapkan serta mengevaluasi guna mengelola risiko yaitu pada sisi keamanan, keandalan dan kepatuhan. Serta memberikan manfaat efektifitasdan efisiensi pada perusahaan. Hasil dari kegiatan tersebut adalah laporan aktivitas teknologi informasi yang diukur dengan berbagai cara dan kontrol tertentu.







No comments:

Post a Comment